GAMBARAN UMUM KELURAHAN KLANDASAN ILIR

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 1996 Kota Balikpapan terdiri dari 5 Kecamatan dan 27 Kelurahan.

Salah satu Kelurahan yang maju pesat perkembangannya di Balikpapan baik di sektor ekonomi, social dan budaya adalah Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Selatan. Hal tersebut karena Kelurahan Klandasan Ilir memang terletak pada wilayah yang strategis di jantung Kota Balikpapan.

Secara Geografis Kelurahan Klandasan Ilir berbatasan langsung di sebelah utara dengan Kelurahan Gunung Sari Ilir dan Gunung Sari Ulu Kecamatan Balikpapan Tengah. Disebelah selatan berhadapan dengan laut selat makasar dan sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Klandasan Ulu, serta disebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Damai Kecamatan Balikpapan Selatan.

Topografi Kelurahan Klandasan Ilir terdiri dari kawasan berbukit bukit dengan Luas wilayah 143,54 Ha , dimana 112 ha peruntukannya digunakan masyarakat untuk pemukiman dengan segala sarana dan prasana sosialnya. Sehingga Kelurahan klandasan ilir merupakan kawasan padat dengan pemukiman penduduk. dengan ratio kepadatan 18.901 jiwa per km2.

Berdasarkan Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di akhir tahun 2008 penduduk Kelurahan Klandasan Ilir tercatat berjumlah 7.907 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 26.399 orang.

Selain itu Kelurahan Klandasan Ilir merupakan kawasan jasa dan perdagangan yang mempunyai kontribusi yang sangat besar bagi berjalannya roda Ekonomi di Balikpapan.

Potensi Ekonomi dari sektor Jasa dan Perdagangan dapat dilihat dengan tersedianya berbagai sarana dan prasarana perekonomian yang berdiri di sisi sisi jalan protocol yaitu Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Jendral Ahmad yani,. seperti Perkantoran perusahaan swasta, Perbankan, baik bank milik Pemerintah maupun Bank milik swasta, Hotel dari yang berbintang sampai yang kelas melati, Perusahaan Asuransi, Begitu pula dengan Restaurant dan Rumah makan yang juga turut meramaikan jasa kuliner di Kelurahan ini.

Pertokoan hampir berdiri disepanjang jalan protocol. Pasar Modern, pertokoan modern, toko swalayan, restaurant pun terdapat di tiga mall terbesar yaitu Balikpapan plaza, Hipert Mart Mall dan Pasar baru square. . Hadirnya Bioskop XXI juga turut meramaikan bisnis hiburan di Kelurahan ini.

Potensi ekonomi, jasa dan perdagangan yang sangat besar di Kelurahan ini tidak disia-siakan. tapi potensi ini dapat di mamfaatkan dengan baik oleh Kelurahan Klandasan Ilir dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat untuk untuk pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Klandasan Ilir dengan memfasilitasi beberapa kegiatan pengrekrutan tenaga kerja. Sehingga sejak Tahun 2006 s/d tahun 2008 telah tersalurkan sebanyak 411 Orang tenaga kerja dari Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir.

Usaha yang khas di Kelurahan klandasan ilir ini dalam meramaikan roda dunia usaha serta menjadi icon Kelurahan Klandasan Ilir yaitu Gedung-gedung usaha sarang burung wallet sebanyak 40 gedung berdiri di sepanjang jalan jend sudirman. Gedung ini telah berdiri puluhan tahun yang lalu.

Potensi lainnya yang menunjang ekonomi kemasyrakatan seperti terdapatnya Koperasi, Kelompok Usaha kecil menengah (UKM), Kelompok Usaha bersama , UPPKS dan lain-lainnya.

Visi Kelurahan Klandasan Ilir adalah mewujudkan Kelurahan Klandasan Ilir sebagai Kawasan Jasa dan Perdagangan dengan pemukiman yang bersih, tertib dan berwawasan Lingkungan.

Untuk mewujudkan Visi tersebut Kelurahan Klandasan Ilir dibawah kepemimpinan Lurah Asfiansyah sejak tahun 2006 yang lalu membuat program- program yang berbasis kemasyarakatan dengan berbagai macam rencana strategi untuk mengimplementasikannya . Salah satu Rencana Strategi yang merupakan kunci sukses Kelurahan Klandasan ilir dalam melibatkan partisipasi Masyarakat di Bidang Pembangunan adalah menumbuhkan kepercayaan Masyarakat.

Di Bidang Pemerintahan, Aparat Kelurahan Klandasan Ilir memberikan pelayanan umum, Pemerintahan dan urusan Kependudukan kepada Masyarakat dengan pelayanan yang prima melalui Sistim Pelayanan Kelurahan (Simyankel) dengan satu pintu atau loket. Melayani bukan dilayani itulah motto seluruh aparat Kelurahan yang digantung di pintu masuk kantor tersebut.

Motto tersebut dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh perangkat dan staf Kelurahan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Masyarakat dapat mengurus keperluan kependudukannya pada loket pelayanan. Berbagai petunjuk pelayanan seperti Alur Pelayanan dan persyaratan pelayanan terpampang dengan jelas di dinding loket pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk mengurus berbagai urusan kependudukannya. Pelayanan yang diberikan petugas Kelurahan pun tanpa dipungut biaya atau gratis.

Untuk memberikan Informasi kepada Masyarakat tentang berbagai Program Kelurahan yang berbasis Masyarakat dengan berbagai Kegiatannya melalui dunia maya (internet). Kelurahan Klandasan Ilir membuat sebuah Program Unggulan di Bidang IT (Informasi Tehnologi ) dengan menciptakan Website Kelurahan yang berdiri sendiri tanpa melalui domain go.id. Website ini beralamat di http://klandasanilir.co.cc. Website ini merupakan hasil kreatifitas yang rancang bangunnya dibuat sendiri oleh Lurah Asfiansyah sejak dua tahun yang lalu. Menurutnya Situs Klandasan Ilir ini dibuat tanpa biaya, tanpa peralatan server dan dengan domain gratis. Untuk memudahkan updating data ia menggabungkan sistim hosting website dan blogsite. Website ini telah terdaftar pada blog Nasional sebagai website ke 3 dari hasil kreatifitas Kelurahan yang berdiri sendiri. Yang pertama adalah Kelurahan Bukit Sangkal di Sumsel dan kedua Kelurahan Cideng Jakarta Pusat. Melalui Situs ini Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir dapat mengakses berbagai macam informasi program, kegiatan dan berita sekitar wilayah Kelurahan serta pengunjung juga dapat memberikan saran dan kritikan pada menu buku tamu.

Di Bidang Pendidikan, Pasilitas Pendidikan yang terdapat di Kelurahan Klandasan Ilir ini antara lain 3 unit Sekolah Dasar Negeri, 1 unit Sekolah Dasar 3 Bahasa, 2 Unit Madrasah , I Unit SLTP Swasta serta untuk anak usia dini terdapat 1 Unit PAUD, 4 unit Taman Kanak-kanak dan 1 unit Playgroup serta 6 Unit TK Al=Qur’an serta Taman Pendidikan Alqur’an.. Di Kelurahan ini terdapat juga dua kelompok belajar bagi anak-anak remaja putus sekolah. Untuk Pemberantasan Buta Aksara dibawah Binaan Pokja I PKK terdapat 3 Kelompok Belajar Keaksaraan Fungional dibawah Binaan Pokja 2 Tim Penggerak PKK Kelurahan dengan peserta pada tahun ini berjumlah 30 orang.

Di Bidang Kesehatan, tercatat sekitar 89 % Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir telah memiliki Jaminan Kesehatan baik itu berupa jaminan Askes, jamsostek dan persentase yang tertinggi dari jumlah tersebut adalah Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Puskesmas Klandasan Ilir sebagai sentra pelayanan kesehatan memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir. Dan hanya Puskesmas Klandasan Ilir di Balikpapan yang mempunyai Unit Rawat Darurat yang siap melayani Masyarakat selama 24 Jam.

Dari segi pelayanan public ini pada Tahun 2008 Puskesmas Klandasan Ilir sebagai satu-satunya Puskesmas di Balikpapan yang memperoleh penghargaan Sertifikasi Mutu Pelayanan berskala international yaitu ISO 9001-2001.

Perkembangan Kesehatan Masyarakat dari Tahun ke Tahun semakin baik dan meningkat seiring dengan tersedianya berbagai macam Fasilitas Kesehatan . Pada Tahun 2008 di saat meningkatnya kasus Demam Berdarah di Kota Balikpapan, Kelurahan Klandasan Ilir termasuk Kelurahan yang paling aman dengan persentasi terkecil pada kasus tersebut tanpa adanya kasus kematian. Hal tersebut disebabkan kesadaran Masyarakat yang semakin meningkat dan adanya program yang nyata dari Kelurahan, Puskesmas, LPM dan PKK. Secara bersinergi Program tersebut digagas dan dilaksanakan secara bersama-sama, program itu antara lain Pembentukan Forum Kelurahan Sehat, pembentukan Pokjanal DBD, Mengadakan Penyuluhan-penyuluhan seperti Penyuluhan Jamkesda, DBD, ISPA, Flu Burung, Senam Sehat, Pemberantasan Sarang nyamuk tidak hanya mengandalkan jumantik tapi dilakukan PSN bersama setiap hari Jum’at pagi yang melibatkan Kelurahan, Puskesmas, PKK dan Kader RT serta masih banyak program lainnya yang nyata ditengah-tengah masyarakat.

Pembinaan dan pelayanan Kesehatan Masyarakat juga dilakukan melalui Pos- Pelayanan Terpadu (POSYANDU) . Dari 62 RT yang ada di Kelurahan Klandasan Ilir 58 RT telah melaksanakan kegiatan Posyandu setiap bulan dibawah pembinaan Puskesmas dan Pokja 4 PKK Kelurahan Klandasan Ilir. Berbagai aktifitas kesehatan terlihat pada saat posyandu ini melakukan kegiatan rutin nya seperti Pemeriksaan Ibu dan Anak , Penimbangan dan imunisasi Ibu ,Bayi dan Balita pemeriksaan Lansia dan lain-lain.

Tim Penggerak PKK Kelurahan dengan Program Unggulan yaitu Meningkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS merupakan andil terbesar untuk perubahan yang signifikan terhadap meningkatnya kesadaran Masyarakat. Seluruh Masyarakat di Kelurahan Klandasan Ilir ini telah mengimplementasikan 10 indikator PHBS dengan baik.

Keberhasilan Program Unggulan Tim Penggerak PKK Kelurahan Klandasan Ilir ini terbukti dengan di perolehnya Juara terbaik I Lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Propinsi Kalimantan Timur pada Tahun 2008.

Di Bidang Kehidupan ber Agama . Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir sangat menjunjung tinggi toleransi Kehidupan Umat Beragama . Di Kelurahan ini terdapat 6 Masjid , 16 Mushola, 6 gereja dan 2 Vihara. Kegiatan keagamaan sangat ramai dan marak ditengah tengah masyarakat seperti Majlis ta’lim, Majlis Zikir, Majlis Sunnah, kelompok-kelompok pengajian baik dilakukan di Masjid dan Mushola maupun dari Rumah ke Rumah dan kegiatan-kegiatan misa di gereja serta ibadah suci di vihara. Maraknya kehidupan beragama di Kelurahan ini pernah menjadi bahan ekspose miniatur Masyarakat madinatul iman dari Majalah Nebula ESQ Jakarta dan memberikan Penghargaan sebagai Miniatur Masyrakat Madinatul Iman.

Di Bidang Ketentraman dan Ketertiban , Kelurahan Klandasan Ilir merupakan Kelurahan yang paling kondusif di Balikpapan. Kasus-kasus Gangguan Tramtib dari Tahun ke Tahun semakin menurun. Hal tersebut tidak terlepas dengan terjalinnya kerjasama kelurahan pada lintas sektoral seperti Babinkamtibmas, Babinsa dan Polisi Pamong Praja. Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada Masyrakat atas kejadian-kejadian social atas gangguan Tramtib Kelurahan Klandasan Ilir bersama Babinkamtibmas membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) dan Pos Polisi Masyarakat . Kasus-kasus perselisihan, persengketaan, perkelahian diselesaikan dengan jalan Musyawarah di Tingkat FKPM Kelurahan.

Di Tiap Rt berdiri Poskamling yang digunakan Masyarakat untuk melaksanakan ronda sistim keamanan lingkungan. Seluruh Masyrakat terlibat langsung untuk menjaga keamanan Lingkungannya. Usaha Masyrakat untuk menjaga keamanan lingkungannya tidaklah sia-sia karena pada Tahun 2008 yang lalu salah satu Pos Kamling di RT 53 mendapat pernghargaan sebagai Juara Poskamling Tipe C Tingkat Polda Kalimantan Timur setelah melalui Juara I Tingkat Polres Balikpapan.

Pihak Kelurahan secara berkala juga melakukan kegiatan-kegiatan penertiban dan Razia KTP yang sasarannya di fokuskan kepada rumah rumah kos atau pondokan.

Dibidang Lingkungan Hidup dan kebersihan, Pihak Kelurahan bersama LPM dan PKK memprogramkan Clean, Green and Healthy sebagai program Pemerintah Kota Balikpapan yang harus dilaksanakan di lingkungan-lingkungan RT, Penyuluhan penyuluhan Lingkungan, penanaman pohon penghijauan yang setiap tahun dicanangkan 1500 Pohon harus tertanam, Kerja Bakti Masal setiap 3 bulan sekali, membentuk Kader-kader Lingkungan di tiap RT yang saat ini sudah berjumlah 310 orang dan Kader lingkungan cilik sebanyak 40 Orang serta pengadaan alat-alat kebersihan.

Berbagai Program Kelurahan ini membawa Kelurahan Klandasan Ilir sebagai Kelurahan yang baik dan sehat lingkungannya. Hal tersebut ditandai dengan diperolehnya Healthy Award dari Pemerintah Kota Balikpapan pada Tahun 2008 yang lalu.

Lingkungan pemukiman di RT-Rt terlihat Hijau dan bersih, Masyarakat Kelurahan Klandasan Ilir cukup peduli terhadap kebersihan lingkungannya. Lingkungan perumahan ditepi pantai yang selama ini dianggap kumuh oleh sebagian masyarakat ternyata berbeda di Kelurahan Klandasan Ilir. yang ternyata cukup bersih Pengelolaan sampah Rumah tangga secara mandiri dilaksanakan warga secara suka rela. Lingkungan-lingkungan kawasan perumahan warga di RT-RT pada tahun 2008 terjadi peningkatan yang baik. Beberapa RT menjadi kawasan yang bersih, hijau dan sehat.

Dan Pada Tahun 2008 juga Kelurahan Klandasan Ilir menjadi Juara Umum Lomba Taman rumah dan Lingkungan yang diadakan oleh Pos Metro Balikpapan dengan beberapa Lingkungan RT meraih Juara 1, Juara Favorit I , Juara 3 Jauara Harapan 1 dan juara harapan 3

Pada Lomba Clean Green and Healthy City Kota Balikpapan Tahun 2008 yang lalu Kelurahan Klandasan Ilir menempatkan 2 RT nya sebagai kawasan CGHC terbaik dan menduduki Peringakt 5 dan 6 dengan total hadiah sebesar Rp.42.500.000,-

2 Orang Kader lingkungan Kelurahan Klandasan Ilir mendapat predikat sebagai motivator lingkungan yang memotifasi masyarakat untuk memilah dan membuat daur ulang sampah serta mebuat sampah organic menjadi kompos.

Tidak itu saja 1 Orang kader PKK RT diberikan penghargaan langsung oleh Walikota Balikpapan sebagai pelopor kader lingkungan serta Lurah Asfiansyah di nobatkan oleh Walikota Balikpapan sebagai Lurah teraktif mendukung Program Balikpapan Bersih, Hijau dan Sehat.

Saat ini kawasan di beberapa RT menjadi percontohan, tamu yang ingin studi banding tentang lingkungan yang bersih, hijau dan sehat silih berganti datang, baik dari dalam kota maupun luar Daerah.

Kelembagaan Kemasyrakatan di Kelurahan Klandasan Ilir merupakan bagian dari potensi yang mempunyai andil besar pada perubahan Kelurahan ini.

Lembaga Pemberdayan Masyarakat (LPM) dengan berbagai program dan kegiatan

Kegiatan untuk memberdayakan masyarakat di Bidang pembangunan berjalan dengan baik di Kelurahan ini. Program program yang ada bukan sebatas menggerakan partisipasi swadaya masyrakat dalam bidang pembangunan tetapi banyak program seperti memfasilitasi pengrekrutan tenaga kerja, pembinaan pemuda dan remaja, pembinaan budidaya udang karang. Memfasilitasi penentuan bantuan CSR atau komdev Perusahaan-perusahaan dll. Selain program –program yang ada LPM juga mempunyai Program Unggulan antara lain melakukan pembinaan pembuatan tehnologi tepat guna (TTG) yang dapat dimamfaatkan masyarakat, seperti berupa Filter paralon penyaring Air, Kompor briket serbuk gergaji, Alat Pogging mini yang digerakan dengan gas, ranting penangkap lalat serta pembuatan tempat sampah dari fiber.

Tim Penggerak PKK (TP.PKK) Kelurahan Klandasan Ilir perannya juga sangat besar dalam membina kesehjahteraan keluarga di Kelurahan ini. Program dari Pokja I s/ 4 dilaksanakan tanpa pamrih dengan berbagai kegiatan seperti revitalisasi dan memaksimalkan pelayanan masyarakat di posyandu, Peningkatan Bina Keluarga Sejahtera, Pemberantasan Buta Huruf. Pembuatan Toga, Pembentukan Pokjanal DBD, Penguatan Jumantik, pembentuikan kelompok keluarga shakinah, pembinaan UPPKS dengan pertemuan pengajian dan arisan dll.

Peningkatan Kesadaran Masyrakat tentang PHBS merupakan program unggulan dari Tim Penggerak PKK Kelurahan Klandasan Ilir ini. Pemantauan 10 indicator PHBS dilakukan secara berjenjang dari kader PKK, Poktan PKK RT sampai dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan. Dan dari RT sampai Kelurahan terdapat Peta pemantauan PHBS.

Setiap Jumat Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Puskesmas Klandasan Ilir melakukan senam bersama yang berpindah –pindah dari Rt- ke RT dimana selesai senam melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan 3 M pada setiap lingkuang rumah di Rt tersebut.

Di Kelurahan Klandasan Ilir terdapat 2 organisasi Karang Taruna yaitu Karang Taruna Rebuni dan Karang Taruna Adhitya Karya yang merupakan binaan LPM.Kelurahan Klandasan Ilir.

Karang Taruna Rebuni mempunyai program pembinaan remaja dan pemuda dengan kegiatan Olah raga dan sentralisasi bantuan pelayanan pembayaran rekening air dan listrik. Sedangkan Karang Taruna Adhytya karya selain membina remaja juga pembuatan perahu dayung. Yang berada Di lokasi Rt.36. Perahu-perahu tersebut juga dijadikan alat rekreasi memancing disekitar laut klandasan ilir. Dengan membayar Rp.25.000, pemancing dapat menggunakan perahu tersebut satu hari penuh.

Untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi sesama Rt pada tahun 2004 telah dibentuk Forum Komunikasi Ketua Rt (FKK-RT) se Kelurahan Klandasan Ilir yang mana forum tersebut tidak ada di Kelurahan lain di Balikpapan ini. Arisan pertemuan dan pemberian santunan pada Ketua Rt yang sakit menjadi kegiatan rutin dari program FKK-RT.

Untuk membantu penanggulangan bencana di Kelurahan Klandasan Ilir pada Tahun 2007 Kelurahan Klandasan Ilir membentuk Satgas Swadaya Penanggulangan dini bencana yang diketuai oleh Budi Rachmani, yang seluruh personilnya murni dari masyarakat. Dengan Satgas ini memudahkan Kelurahan Klandasan Ilir untuk memenej semua bencana yang terjadi di Klandasan Ilir. Beberapa bencana seperti kebakaran besar yang terjadi tahun 2007 dengan menghabiskan 124 rumah dan korban 162 Kepala Keluarga dapat di menej dengan baik oleh satgas ini bekerja sama dengan Satlak PB Balikpapan, Kantor Pemberdayaan Masyrakat dari evakuasi, penampungan, logistic, penerimaan bantuan, penyaluran bantuan hanya dalam tempo 6 hari. Sehingga konsep Penanggulangan bencana oleh Satgas tersebut pernah di usulkan oleh Kantor Kesbang Linmas pada saat itu sebagai operasional standar ke pusat.